Jumat, 20 April 2012

AIR PUTIH




Berbicara fadhilah-fadhilah amal atau keuntungan amal seperti menyuguhkan air minum putih. Semua orang boleh dan tanpa pantangan untuk meminumnya. Orang yag mengidap kencing manis boleh meminum air putih, pengidap darah tinggi pun boleh meminumnya. Air putih adalah minuman yang bisa diterima semua orang.
Bila kita saat silahturahni dam menyampaikan nasehat agama berbicara masalah keimanan, kebesaran Allah Swt., adanya kampong akhirat, indahnya surge dan masalah di qubur dan neraka maka semua orang akan menyukainya. Nilai-nilai pahala jika disampaikan kepada masyarakat akan membangkitkan gairah untuk beramal. Karena pada dasarnya manusia senang berbicara keuntungan-keuntungan sebab normalnya manusia menghendaki hidupnya beruntung.
Seandainya kita berbicara khilafah atau politik praktis saat silahturahmi atau bayan (penjelasan) agama, tentunya tidak semua orang akan menyukainy. Ibarat menyuguhkan air kopi, bagi pengidap darah tinggi berbahaya. Teh manis bagi pengidap kencing manis juga berbahaya. Memang untuk sementara waktu selama kita berda’wah setidaknya tidak menyentuh masalah-masalah yang menjadi titik perpecahan ummat. Karena usaha untuk menyatuan hati umat itu sangatlah berat dan sulit.
Sekali lagi, jika sering berbicara kebaikan maka kesan kebaikan aka nada dalam hati kita pun jika sering berbicara kejelekan maka kesan kejelekan akan masuk ke dalam hati kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar